fbpx

Daripada Kontrak Lebih Baik Punya Rumah Subsidi

PERMINTAAN rumah subsidi siap huni bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Bekasi terbilang tinggi. Di Cikarang, misalnya, merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang terdapat banyak pabrik dan industri yang memiliki karyawan/buruh mencapai ratusan ribu.

Sekitar 60% mereka masih mengontrak atau menyewa rumah petakan. “Mereka melihat saat ini pemerintah banyak memberikan kemudahan pembelian rumah (relaksasi sektor properti). Karena itu daripada mereka terus membayar kontrakan tapi tidak akan memiliki rumahnya, lebih baik karyawan industri membeli rumah subsidi yang cicilannya pun tidak beda jauh dengan biaya kontrakan sebulan,” kata Ardian Hendra, General Manager Regional Timur Vista Land Group, dalam keterangan resmi, Jumat (2/7). Pengembang perumahan Mutiara Puri Harmoni 2 di Cikarang Utara, Bekasi, itu pun menawarkan sekitar 100 rumah ready stock yang dapat langsung tinggali. Menurut Ardian, penyediaan rumah ready stock di perumahan Mutiara Puri Harmoni 2 mengakomodasi peningkatan permintaan rumah subsidi yang bisa langsung dihuni dalam beberapa bulan ini. Ia mengatakan, konsumen cukup membayar booking fee hanya sebesar Rp1 juta dan DP Rp0. Jika persyaratan bank dapat dipenuhi, konsumen bisa langsung akad kredit tinggal bawa koper langsung pindah ke rumah barunya di Mutiara Puri Harmoni 2. Saat ini rumah subsidi yang ditawarkan pihaknya memiliki luas bangunan 26 m2 dan luas tanah 60 m2. Harganya Rp168 juta sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah sejak 2020. Selain rumah subsidi, Mutiara Puri Harmoni 2 juga memasarkan rumah kios dengan luas bangunan 28 m2 dan luas tanah variatif mulai 40 m2. Bangunan komersial ini sangat diminati pengusaha UMKM karena harga cukup terjangkau yang total harga jualnya Rp215 jutaan.

“Yang menarik, kami memberikan cashback Rp10 juta untuk rumah kios. Jadi hanya dengan booking Rp1 juta dan bayar uang muka Rp43 jutaan dan diangsur 3 bulan langsung bisa akad dengan angsuran Rp1,6 jutaan per bulan untuk tenor 20 tahun,” jelas Ardian Hendra. Target market rumah kios ini, lanjutnya, ialah wirausaha usia produktif terutama kaum urban milenial yang ingin buat usaha. Dari 14 unit yang dipasarkan, hingga sekarang sudah sembilan sudah terjual. Pembelinya beragam profesi dari pegawai BUMN, PNS, karyawan swasta, dan pengusaha. Lokasi Mutiara Puri Harmoni 2 sangat strategis di Jalan Karang Anyar, Karang Bahagia, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat, yang dapat dijangkau dari Stasiun KRL (Kereta Rel Listrik) Cikarang, angkutan kota, dan Gerbang Tol Cikarang Barat. Perumahan ini juga dilengkapi berbagai fasilitas umum dan sosial, di antaranya area bermain anak, danau yang luas, Alfamart, Indomaret, pusat jajanan (kuliner), sarana ibadah, lapangan olahraga, taman, dan balai warga.

Di lingkungan sekitar terdapat kawasan industri Jababeka, MM 2000, rumah sakit, Pasar Cikarang, Sentra Grosir Cikarang, sekolah, serta dekat dengan terminal bus Cikarang, Stasiun KRL Cikarang, dan Stasiun KA Lemah Abang. Selain mengusung konsep healty compact house di lingkungan asri, hunian ini juga aman dari banjir yang melanda timur Jakarta. (OL-14)

Sumber: https://mediaindonesia.com/ekonomi/416137/daripada-kontrak-lebih-baik-punya-rumah-subsidi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *