fbpx
Foto: Puri Harmoni Cisoka

Tips Memilih dan Membeli Rumah dari Ahlinya Rumah Subsidi

Membeli rumah subsidi bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin memiliki hunian dengan harga terjangkau. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti syarat yang harus dipenuhi. Salah satu syaratnya belum pernah memiliki bantuan sosial apapun dan Anda memiliki gaji dibawah 4 juta rupiah

 

Tentunya bukan hanya persyaratan yang harus diperhatikan. Nah, berikut 7 tips yang harus Anda ketahui:

 

1. Kunjungi contoh rumah subsidi

Foto: Puri Harmoni Cikasungka
Foto: Puri Harmoni Cikasungka

Sebelum Anda membeli rumah subsidi hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengunjungi rumah contoh yang dibuat oleh pengembang. Hal itu agar Anda bisa mengetahui bangunan dan kualitas bangunan secara nyata.

 

2. Perhatikan dengan cermat lokasi perumahan

 

Perumahan subsidi biasa dibangun di sejumlah daerah urban meliputi Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi sehingga Anda harus memperhatikan fasilitas transportasi umum dan akses hiburan yang berada di sekitar lokasi. Perhatikan geografis hunian melalui internet atau pun pengalaman seseorang.

 

3. Perhatikan kualitas bangunan

Foto: Puri Harmoni Muktiwari
Foto: Puri Harmoni Muktiwari

Rumah subsidi tidak selalu memiliki kualitas yang buruk. Malahan saat ini perumahan KPR lebih mengedepankan kualitas walaupun harganya terjangkau. 

 

Namun, tidak salahnya untuk memperhatikan bangunan fisik seperti cat, dinding ataupun plafon yang terpasang pada rumah subsidi.

 

Baca Juga: Ini Manfaat Punya Rumah Double Dinding dari Vista Land Group

 

4. Memiliki akses yang mudah

Foto: Puri Harmoni Kertamukti
Foto: Puri Harmoni Kertamukti

Rumah subsidi yang ingin Anda beli harus memperhatikan akses terdekat untuk menuju berbagai tempat. Hal yang harus diperhatikan seperti untuk mendapatkan kebutuhan pokok, sarana pendidikan, dekat dengan keramaian penduduk lain untuk kebutuhan sosial, serta terdapat rumah ibadah.

 

5. Mengetahui perbedaan rumah subsidi dan konvensional 

 

Rumah subsidi adalah rumah yang disediakan oleh pemerintah bekerja sama dengan berbagai developer swasta. Rumah KPR juga hanya untuk kalangan orang di bawah gaji 4 juta rupiah per bulan atau Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sehingga harga per unit rumah KPR relatif sangat murah tetapi berkualitas.

 

6. Cari Tahu Track Record Developer

Foto: APERSI AWARD 2023
Foto: APERSI AWARD 2023

Rumah subsidi dikembangkan oleh developer perumahan. Seperti, Vista Land Group yang sudah mengembangkan perumahan subsidi sejak tahun 2007 secara konsisten tumbuh dan berkembang menjadi pengembang properti terpercaya.

 

Foto: Anugerah APERSI AWARD 2023
Foto: Anugerah APERSI AWARD 2023

 

Kini, VIsta Land Group telah mewujudkan keinginan masyarakat yang ingin memiliki hunian yang aman dan nyaman untuk lebih dari 55.000 keluarga di lebih dari 30 lokasi di Bogor, Tangerang, Karawang, dan Cikarang.

 

Informasi lebih lanjut mengenai Vista land Group Anda dapat mengunjungi website kami disini.

 

Baca Juga: 5 Pilihan Rumah Subsidi di Cisoka dan Serang Targetkan Milenial

 

7. Cari Tahu Metode Pembayaran

 

Pengembang perumahan subsidi umumnya memiliki beberapa metode pembayaran, sama seperti membeli rumah komersil. Biasanya, metode pembayaran untuk rumah subsidi menggunakan KPR FLPP (Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan).

 

8. Mengecek Pembangunan Rumah Secara Berkala Saat Sedang Dibangun 

Foto: Puri Harmoni
Foto: Puri Harmoni

Pastikan rumah yang Anda inginkan sesuai dengan kenyataan. Oleh karena itu tanyakan detail tentang rumah KPR yang akan dibangun oleh developer, fasilitasnya, dan segala spesifikasi lain. 

 

Terutama seperti listrik rumah, sumber air, pembuangan sampah juga jamban, dan lainnya. Hal-hal yang tidak sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati dapat dituntut secara hukum.

 

Sumber Foto: Vista Land Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *