fbpx
Permintaan Rumah Subsidi Vista Land Group Meningkat 30%

Permintaan Rumah Subsidi Vista Land Group Meningkat 30%

Jakarta, Investor.id– Permintaan rumah subsidi besutan Vista Land meningkat berkisar 20-30%. Peningkatan permintaan sudah terasa sejak November 2023.

 

Menurut Oka Mahendra, general manager Vista Land Group mengatakan, sejak November 2023 lalu permintaan rumah subsidi di beberapa proyeknya meningkat sinigfikan seperti di Permata Puri Harmoni 2, Gran Harmoni Cibitung, Grand Harmoni Indah Jonggol, dan Puri Harmoni Cisoka 2.

 

Dia mengatakan, rata-rata akad kredit di empat perumahan tersebut di atas 60  unit per bulan.

 

”Bahkan, awal bulan ini (Januari) permintaan di proyek-proyek kami yang memasarkan rumah subsidi meningkat sekitar 20% hingga 30% dibanding bulan-bulan sebelumnya,” kata Oka, Jakarta, Sabtu (27/1/2024).

 

Oka mengakui, besarnya animo kalangan masyarakat berpenghasilran rendah (MBR) tidak terlepas dari kekhawatiran kehabisan kuota yang disediakan pemerintah, walaupun harga naik hampir 8%, konsumen tetap antusias mengingat November 2023 saja kuota habis. Padahal masih ada sekitar 16.000 pengajuan yang telah disetujui ter-pending.

 

Baca juga: Rayakan Imlek 2024 dengan Promo “Astaga Naga” dari Vista Land Group

 

”Kalau berpatokan pada realisasi tahun 2023 yang kelebihan target 16.000  unit, maka harusnya di 2023 realisasi rumah FLPP itu 236.000. Bukannya target 2024 dinaikkan ini malah diturunkan jadi 166.000, pastilah MBR panik. Meski pemerintah berjanji akan menambah alokasi FLPP, jika ternyata kuotanya habis, tapi itu tidak buat mereka tenang, ingin yang pasti-pasti aja sekarang,” jelas Oka.

 

Oka menjelaskan, rumah subsidi diminati karena selain harganya terjangkau (ada subsidinya) Rp185 juta, suku bunganya juga tetap 5%, dapat diangsur selama 20 tahun, dan cicilan hanya Rp1,2 juta dengan minimal penghasilan Rp4 jutaan.

 

Mengenai tinggi permintaan rumah subsidi di proyek-proyek Vista Land Group, Oka mengungkapkan, itu karena rata-rata kualitas bangunan, lingkungan, dan fasilitasnya sudah sekelas perumahan real estate.

 

Dia menerangkan, sekalipun rumah subsidi, pihaknya menyediakan berbagai kelengkapan fasilitas antara lain taman-taman tematik, children playground, dan jalan utama cor beton dengan ROW lebar. Sebagian perumahan juga menerapkan sistem cluster yang lengkap dengan private playground dana sarana ibadah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *